Ceker Ayam Menyebabkan Kanker Rahim Dan Kista Pada Wanita

"Ceker ayam menyebabkan kanker rahim dan kista pada wanita". ya, itulah isu yang sempat menyita perhatian saya. Kaki ayam atau yang lebih sering disebut ceker ayam bagi sebagian orang merupakan makanan yang sangat nikmat dan menantang. walaupun pada kenyataan bagian tersebut merupakan bagian yang bersentuhan dengan tanah sehingga terkesan kotor, namun pada kenyataaannya pada saat ini tidak sedikit kuliner yang menggunakan ceker ayam sebagai bahan utamanya.
ceker ayam makanan yang nikmat
Ceker ayam
Beberapa hari yang lalu saya sering mendapat BBM yang berisikan kalau ceker ayam dapat menyebabkan kanker ataupun kista pada wanita. hal ini cukup mengkhawatirkan bagi saya, karena saya mempunyai ibu, saudara perempuan dan teman perempuan yang pasti pernah memakan ceker ayam. Berita tersebut langsung cari tahu kebenaran  dan ternyata memang sangat banyak informasi yang mengatakan hal tersebut.
Sayap ayam merupakan bagian tubuh ayam yang dijadikan tempat untuk menyuntikkan hormon pertumbuhan, hormon inilah yang akan menyebar keseluruh tubuh ayam hingga berakhir pada pada kaki ayam atau ceker ayam. hormon pertumbuhan inilah yang dikhawatirkan dapat memicu timbulnya kanker. saya tidak mengatakan hal tersebut hoax, tapi tahukah anda, saat ini hampir setiap bahan pangan hewani ynag kita makan mengandung hormon pertumbuhan. sebut saja sapi yang menghasilkan susu, daging hingga kulitnyapun kita makan. sapi juga disuntik hormon pertumbuhan untuk mempercepat pertumbuhannya. jadi sangat tidak tepat menurut saya jika kita mengatakan kalau ceker ayam dapat menyebabkan kanker pada wanita.
dilansir dari detik health, "Belum ada buktinya, itu kan baru asumsi. Umur ayam itu kan pendek sampai dia dipotong, kalau dipotong obat hormonnya itu masih ada atau belum habis lalu dimakan menyebabkan kanker, sampai sekarang belum ada buktinya," kata dr Ramadhan, SpBOnk, yang berpraktik di RS Kanker Dharmais,

Dr Drajat Suardi, SpB(K) Onk juga mengatakan hal serupa, sayap ayam dan juga ceker ayam belum tentu menyebabkan timbulnya kanker bagi orang yang sering mengonsumsinya. 

"Tidak hanya sayap dan ceker, semua yang kolesterolnya tinggi juga bisa memicu kanker. Kalau kanker payudara itu kan memang erat kaitannya dengan hormon estrogen. Makanan yang mengandung kolesterol tinggi juga bisa memicu terjadinya kanker karena mengakibatkan kemudahan terbentuknya estrogen. Sehingga kalau estrogennya subur ya bisa memicu kanker, salah satunya kanker payudara," kata dokter yang merupakan Ketua Perhimpunan Onkologi Indonesia tersebut. 

dari keterangan diatas, maka dapat dipastikan ceker ayam bukan penyebab kanker yang sesungguhnya, walaupun ada kemungkinan akan hal tersebut namun itu hanya jika hormon pertumbuhan masih terdapat pada ceker ayam.
dibalik bahaya yang sering di gembar-gemborkan di berbagai media, ceker ayam ternyata juga memiliki khasiat yang sangat baik bagi tubuh kita. ceker ayam dipercaya mengandung kartilago/tulang rawan,yang banyak terkandung pada sirip ikan hiu. kartilago diyakini mampu melapisi persendian, memperbaiki kekebalan tubuh dan berguna mencegah kanker. 
kandungan lain yang dapat kita rasakan adalah :
  1. Ceker ayam mengandung kolagen yang sanga baik untuk menjaga kesehatan kulit. kolagen akan membantu mengencang dan menghaluskan kulit termasuk kulit pada bagian wajah. 
  2. Selain itu kolagen yang terkandung pada ceker ayam ternyata sangat baik untuk membantu pertumbuhan dan pernguatan tulang pada balita.
  3. Ceker ayam mengandung zat kapur dan sejumlah mineral sehingga sangat baik dikonsumsi khususnya bagi penderita rematik dan sangat dianjurkan untuk rutin mengkonsumsinya.
  4. Ceker ayam juga mengandung zat Hydroxyapatite yaitu salah satu makanan untuk tulang, mempunyai kandungan kalsium , karena itu mengkomsumsi ceker ayam selain dapat memelihara kekuatan tulang ,  mencegah Osteoporosis juga menjaga elastisitas kulit.
Ternyata banyak sekalikan manfaat ceker ayam yang dapat kita rasakan. Jadi jangan khawatir untuk mengkonsumsi ceker ayam karena dibalik berita negatif yang beredar, ternyata ceker ayam justru memiliki kandungan yang sangat baik bagi tubuh kita. jadi sekarang, bagaimana pendapat anda dengan berita yang mengatakan ceker ayam menyebabkan kanker rahim dan kista pada wanita. 

thumbnail
Judul: Ceker Ayam Menyebabkan Kanker Rahim Dan Kista Pada Wanita
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait gejala kanker , info kesehatan , makanan sehat :

0 comments :

Post a Comment

 
Template Seo Elite oleh Bamz