Gejala Kanker Prostat, Penyebab dan Pencegahan



Kanker Prostat merupakan  suatu tumor ganas yang tumbuh pada  kelenjar prostat. Umumnya Penyakit ini biasa menyerang pria berusia diatas 70 tahun dan pada semua pria yang berusia diatas 90 tahun. Namun tidak menutup kemungkinan Kanker prostat juga dapat menyerang pria berusia kurang dari 40 tahun.
Penyebab Kanker Prostat dan Pencegahannya
Gejala Kanker Prostat


Seperti halnya kanker serviks yang ditakuti para wanita, kanker prostat juga merupakan penyakit yang sangat dikhawatirkan oleh semua pria didunia ini. Bahkan menurut survey, Kanker prostat merupakan penyebab kematian akibat kanker no 3 pada pria dan merupakan penyebab utama kematian akibat kanker pada pria diatas 74 tahun.  Sampai saat ini belum diketahui apa penyebab penyakit ini,  meskipun beberapa penelitian telah menunjukkan adanya hubungan antara diet tinggi lemak dan peningkatan kadar hormon testosteron.
Umumnya kanker prostat tidak menimbulkan gejala karena memang penyebarannya sangat lambat. Pada beberapa kasus, kanker prostat baru disadari penderitanya setelah menyebar ke tulang (terutama tulang panggul, iga dan tulang belakang) atau ke ginjal (menyebabkan gagal ginjal ). Kanker tulang menimbulkan nyeri dan tulang menjadi rapuh sehingga mudah mengalami fraktur (patah tulang).

Gejala Kanker Prostat

Gejala awal kanker prostat hampir tidak dapat terdeteksi, namun pada tahap lanjut tanda dan gejala kanker prostat antara lain :
  • Berkurangnya kuantitas urin
  • Bermasalah ketika buang air kecil
  • Darah pada air mani
  • Nyeri tulang
  • Urin yang mengandung darah
  • Bengkak pada kaki
Tanda dan gejala saat mencapai stadium lanjut yaitu :
  • Adanya darah dalam urine
  • Sakit saat ejakulasi 
  • Rasa terbakar atau nyeri buang air kecil
  • Disfungsi ereksi. 
  • Jika kanker prostat telah menyebar ke kelenjar getah bening yang terletak di panggul, dapat  menyebabkan rasa sakit atau kekakuan pada punggung bawah, pinggul atau paha atas dan tidak nyaman di daerah panggul. 
  • Fungsi kandung kemih atas akan rusak. 
  • Sering mengalami infeksi kemih berulang. 
  • Kanker prostat lanjut yang telah menyebar ke tulang dapat menyebabkan nyeri tulang, terutama di pinggul dan tulang belakang, patah tulang, melemahnya tulang dan kompresi tulang belakang.

Penyebab kanker prostat & Faktor Risikonya


Penyebab

berbagai penelitian telah dilakukan untuk mengetahui penyebab penyakit ini, namun sampai saat ini masih belum jelas apa yang menyebabkan kanker prostat. Para dokter meyakini bahwa kanker prostat dimulai ketika beberapa sel prostat yang bermutasi tidak normal. Mutasi sel yang tidak normal tersebut menyebabkan sel tumbuh lebih cepat daripada sel normal. Ketika sel normal mati, maka sel ini tidak akan mati. Akumulasi dari sel yang tidak normal ini membentuk tumor yang dapat tumbuh untuk menyerang jaringan di sekitarnya. Beberapa sel yang tidak normal tersebut dapat menyebar ke bagian tubuh lain.

Faktor risiko


Beberapa faktor yang  meningkatkan peluang mengalami kanker prostat antara lain:

  •  Bertambah tuanya kondisi fisik. Kanker prostat biasanya menyerang laki-laki berusia 65 tahun.
  • Sejarah keluarga yang mungkin pernah menderita kanker prostat. Jika seseorang memiliki keluarga yang mengalami kanker prostat, maka risiko kemungkinan keturunannya terkena penyakit ini juga akan meningkat 
  • Obesitas atau kelebihan berat badan. Laki-laki yang memiliki  memiliki berat badan yang berlebihan menurut penelitian lebih beresiko terkena kanker prostat.

Cara Mencegah Kanker Prostat


Kanker prostat mungkin tidak mudah terdeteksi namun sebelum terlambat ada baiknya kita melakukan pencegahan dini . Beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk mencegahnya adalah ::

1. Memperbanyak mengkonsumsi makanan alami
Makanan alami cenderung lebih aman karena lebih kecil mengandung zat – zat yng berbahaya bagi tubuh. Selain itu bahan makanan alami seperti sayur dan buah banyak mengandung banyak vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi kesehatan. Salah satu nutrisi yang secara konsisten membantu mencegah kanker prostat adalah lycopene.

2. Konsumsi sayur dan buah sebagai sumber vitamin dan mineral
Saat ini banyak kita lihat produk suplemen yang menjanjikan memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin dan mineral. Saya tidak mengatakan suplemen tidak baik, namun selain vitamin dan mineral tentu ada zat lain yang terkandung pada suplemen yang mungkin kurang baik untuk tubuh.  Berbeda dengan buah dan sayuran yang bahan alami dari alam yang pasti lebih baik bagi tubuh.
 
3. Olahraga rutin dan teratur
Menurut penelitian laki laki yang rutin berolahraga memiliki resiko terkena penyakit kanker prostat.
Bahkan ada juga yang mengatakan dengan berolahraga rutin dan juga senam kegel dapat mencegah terkena kanker prostat.

4. Hindari makanan dengan kadar lemak yang tinggi
Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, laki – laki yang memiliki kadar lemak yang tinggi memiliki resiko terkena kanker prostat. Oleh karena itu perlu bagi anda untuk  menjaga berat badan yang ideal dengan berolahraga dan mengurangi kalori dalam makanan anda sehari-hari.

5. Konsultasikan dan periksakan diri anda ke dokter 
Lebih cepat mengetahui maka akan lebih cepat penangananya. Biasanya dokter memberikan finasteride (Propecia, Proscar) untuk mencegah atau menunda terbentuknya kanker prostat pada laki-laki usia 55 ke atas. Selain ituObat ini biasanya digunakan untuk mengontrol pembesaran kelenjar prostat dan kerontokan rambut pada laki-laki. Namun sangat disayangkan sampai saat ini belum ditemukan obat yang benar –benar manjur untuk mengatasi kanker prostat.

penanganan yang dilakukan untuk mengobati kanker prostat  berbeda untuk setiap orangnya tergantung pada usia, kondisi medis umum pasien, harapan hidup, seberapa cepat tumbuh dan berapa banyak kanker telah menyebar, dan manfaat dan kemungkinan efek samping pengobatan. Sebuah rencana perawatan harus individual untuk setiap pasien tergantung pada dokter untuk menentukan  terapi dan kemungkinan efek samping terapi. Pengobatan medis untuk mengobati kanker prostat adalah :
  1. Radiasi
  2. Terapi hormon 
  3. Operasi
  4. Transurethral  resection  of  the  prostate (TURP) hanya digunakan pada penyakit tahap awal untuk membuang  jaringan yang memblokir buang air kecil.
  5. Kemoterapi 

Demikian artikel Gejala Kanker Prostat, Penyebab dan Pencegahan, semoga bermanfaat.
Tetap konsumsi makanan alami dan rutin berolahraga agar kita terhindar dari bahaya kanker prostat.


thumbnail
Judul: Gejala Kanker Prostat, Penyebab dan Pencegahan
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait gejala kanker , info kesehatan , jenis kanker :

0 comments :

Post a Comment

 
Template Seo Elite oleh Bamz