Kanker hati dan gejalanya

Kankerhati atau yang umumnya juga disebut dengan kanker hati primer atau hepatoma merupakan penyakit yang berhubungan dengan sistem hepatobillier dan pankreas. Menurut survei, penyakit ini merupakan penyakit merupakan kanker kelima yang paling umum diderita oleh pria dan kanker ketujuh yang diderita oleh wanita. Penyakit ini timbul karena pola hidup yang tidak sehat, terbukti penyakit ini kebanyakan diderita oleh masyarakat negara-negara berkembang. Di indonesia saja pada tahun 2008, telah tercatat tidak kurang dari 13.238 kasus kanker hati dan 112.825 kasus kematian disebabkan penyakit ini. Jadi bisa dibayangkan jumlah kasusnya pada pola hidup praktis seperti ditahun 2013.
Gejala kanker hati
Gejala kanker hati

Gejala kanker hati umumnya diawali dengan gejala seperti sakit di bagian perut dan terasa ada benjolan di bagian atas kanan perut selain itu juga terjadi penurunan nafsu makan dan juga berat badan. 


Kelainan fungsi hati tentu saja akan dikuti oleh perubahan fungsi anggota tubuh lainnya yang berujung dengan munculnya penyakit baru seperti sirosis (pengerasan hati), tumor hati, batu empedu, kanker pankreas, timbulnya lemak berlebih pada hati dan juga hepatitis terutama bagi mereka yang terinfeksi virus hepatitis B atau C.

Penyebab penyakit kanker hati secara garis besar disebabkan oleh gaya hidup instan dan tidak terkontrol seperti makan makanan yang mengandung banyak lemak jahat dan kolesterol, mengkonsumsi minuman beralkohol, diabetes, obesitas, virus hepatitis, radikal bebas dan juga faktor genetik

Anatomi Hati manusia
Anatomi Hati
Hati merupakan bagian tubuh terbentuk dari barbagai macam jaringan yang berbeda, contohnya sel penyimpan lemak, berbagai pembuluh darah dan sel hati itu sendiri. Kelainan yang terjadi fungsi hati umumnya akan menyebabkan Ikterik yang pada masyarakat umum dikenal dengan penyakit kuning. Walaupun gejala yang dominan, namun ikterik  biasanya dijadikan fokus pemeriksaan bila seseorang  mengalami perubahan warna kulit dan putih mata menjadi kuning. Hal ini disebabkan oleh karena terjadinya peningkatan bilirubin dalam plasma darah.
Bilirubin merupakan hasil dari penyaringan hati terhadap sel darah merah yang sudah tua. Hasil penyaringan inilah yang akan diproses pada empedu. Sehingga jika terdapat kanker hati atau penyakit lain  yang mengganggu fungsi ini  maka akan menyebabkan meningkatnya jumlah bilirubin sehingga menyebabkan ikterik atau sakit kuning

Hepatitis akut seperti hepatitis yang disebabkan virus hepatitis A, B, dan C juga merupakan penyebab terjadinya gangguan pada aliran bilirubin di saluran empedu sehingga dapat menyebabkan gangguan hati yang disebut dengan ikterik intrahepatic. Terutama Infeksi virus hepatitis C yang tidak jarang dapat berubah menjadi penyakit kanker.

Berbagai pengobatan yang dapat dilakukan untuk mengobati penyakit kanker hati, namun tentu saja mencegah lebih baik dari pada mengobati. Mulai dengan mengkonsumsi makan makanan yang sehat, rajin berolahraga dan juga rutin memeriksakan diri ke dokter.


thumbnail
Judul: Kanker hati dan gejalanya
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait gejala kanker , info kesehatan , jenis kanker :

0 comments :

Post a Comment

 
Template Seo Elite oleh Bamz